IndonesiaReview
    Huawei P20 vs Samsung S9 » Apa yang Anda perlu ketahui
    18-11-2018

    Huawei P20 vs Samsung S9 » Apa yang Anda perlu ketahui

    Tahun ini, sektor teknologi dan telepon mobile mengalami evolusi yang ditandai dengan rilis atas model baru dari produk Samsung dan Huawei, lengkap dengan flagship models mereka; Samsung Galaxy S9 dan S9+ dan Huawei P20 dan P20 Pro. Model-model terbaru ini sudah dapat Anda peroleh di pasaran, dengan harga yang sedikit lebih murah dibandingkan Apple’s iPhone X. Perubahan paling besar yang dilakukan oleh kedua perusahaan yang handal di bidangnya ini adalah; mereka melakukan perbaikan masif dalam hal kamera dan fungsional dari device yang baru dipasarkannya.

    Huawei P20
    Flagship model baru dari Huawei ini merupakan device yang dilengkapi oleh Leica sebagai co-engineered-nya. Seperti yang dapat diamati, perusahaan teknologi abad ini memiliki perhatian utama pada optik dan fitur kamera high-end, bahwasannya peluncuran ini bukanlah pertama kalinya kedua perusahaan bekerja sama dalam sebuah project. Huawei’s P series selama ini selalu menjadi pionir dari smartphone fotografi, dengan objektif brand saat ini menjadi pemimpin atas sektor yang dijalankannya. Selayaknya iPhone X, seri P20 memiliki 82% screen-to-body ratio, yang menunjukkan bahwa pengalaman Anda dalam menggunakannya akan semakin naluriah dan menyenangkan!

    Berikut adalah fitur terbaik yang ditawarkan Huawei P20:
    • Leica Triple Camera: 40MP RGB + 20MP + 8MP|
    • 2160p 30fps Video
    • 960 fps Super Slow Motion
    • 24 MP Front Camera
    • 4000mAh Battery

    Samsung Galaxy S9
    Beberapa tahun terakhir, Samsung telah menjadi salah satu perusahaan terbesar dengan penjualan smartphones terbanyak di seluruh dunia. Tingginya penjualan ini umumnya terdapat pada produk yang termasuk dalam flagship models perusahaan, yang dikenal dengan kualitas dari bahan yang digunakan, serta performanya yang tinggi selama penggunaan. Galaxy S9 terbaru, seperti halnya dua model sebelumnya, hadir dengan bentuk edge-to-edge curved screen yang menjadikan phone’s body semakin mudah untuk digunakan, lengkap dengan space cukup untuk slot kamera, serta letak sensor yang hand-friendly. Tidak hanya itu, Galaxy S9 juga hadir dilengkapi dengan AKG stereo speakers, dengan tambahan dolby atmos yang memberikan pengalaman theater-like audio bagi penggunanya. Karakteristik lain yang menjadikan smartphone ini stand out di kelasnya adalah fitur live translation, yang menggunakan kamera untuk secara instan membaca dan menerjemahkan konten-konten yang tidak terjangkau oleh mata Anda!

    Berikut adalah fitur terbaik yang ditawarkan Samsung Galaxy S9:
    • F1.5 Aperture Mode
    • Face Recognition and Iris Scan
    • 2160p 60fps

    Video Mana yang Lebih Baik?
    Kedua smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 8.0 (Oreo) dan ukuran, serta berat yang sama ini memiliki perbedaan mencolok dalam hal kapasitas ketahanan baterai yang dimilikinya. Sayangnya, Samsung Galaxy S9 memiliki kapasitas 3000 mAh baterai; dimana dengan mempertimbangkan performa dan ukuran screen-nya dirasa tidak cukup untuk bertahan selama satu hari penuh. Di sisi lain, Huawei P20 memiliki kapasitas baterai sebesar 4000 mAh baterai yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda lebih baik dibandingkan produk berkapasitas baterai dibawahnya. Sebagai referensi, Apple iPhone X berkapasitas baterai 2716 mAh yang dilihat sebagai kekurangan utama dari fitur produk keseluruhannya.

    Jika Anda mencari produk smartphone dengan fitur kamera terbaik di pasaran, Anda tentu akan menjatuhkan pilihan Anda pada produk Huawei. Dibalik produk smartphone ini, Anda akan menemukan triple camera, dengan 40 MP, 20 MP, dan 8 MP definition; dimana secara keseluruhan fitur-fitur ini melebihi kemampuan fitur kamera yang ditawarkan Samsung. Huawei P20 juga memiliki front (selfie) camera sebesar 24MP, yang juga meninggalkan fitur Samsung dengan kapasitas kamera depannya yang hanya 8MP. Namun, jika Anda mencari smartphone yang menyediakan fitur untuk pembuatan film amatir, Samsung S9 bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda dikarenakan fitur 2160p definition yang mampu menangkap hingga 60 frames tiap detiknya, yang merupakan dua kali lipat jumlah yang bisa dilakukan Huawei P20, lengkap dengan perbedaan signifikan yang terdapat pada perekaman videonya yang sangat smooth dibandingkan Huawei.

    Dalam hal RAM (Random-access Memory), Huawei P20 memiliki 6GB, sedangkan Samsung berkapasitas 4GB. Fitur ini menghasilkan perbedaan signifikan bagi Anda yang berencana untuk menggunakan smartphone Anda untuk bermain games atau untuk menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu yang sama. Hal ini dikarenakan, memory yang ada digunakan untuk menyimpan program dan data yang sedang digunakan saat itu, yang dapat dengan cepat dijangkau oleh processor dari device.

    Setelah memperoleh in-depth look pada kedua smartphones, termasuk pembahasan spesifikasi yang ditawarkannya, kami merasa bahwa Huawei P20 bisa jadi pilihan terbaik dengan mempertimbangkan 33% kapasitas baterai lebih besar, fitur kamera superior, dan lebih banyak RAM, serta tentunya a better value for money.

    Dengan overview yang baru disajikan, ada baiknya Anda mengunjungi kategori Telekomunikasi yang tersedia di IndonesiaReview; dengan berbagai perusahaan yang bergerak di sektor sejenis, diantaranya Telkomsel, XL Axiata, MNC Vision, Indosat Ooredoo, Erafone.com, dsb untuk mengenali lebih dalam perusahaan-perusahaan reliable yang dapat Anda jadikan tempat untuk membeli produk teknologi yang terpercaya! Photo: GillyBerlin

    Terkait