IndonesiaReview
    Ingin pergi berlibur? Penjelasan tentang asuransi perjalanan!
    19-11-2018

    Ingin pergi berlibur? Penjelasan tentang asuransi perjalanan!

    Ketika Anda pergi berlibur, terdapat banyak hal yang perlu Anda pikirkan atau bisa jadi Anda terlewat, hingga menyebabkan liburan Anda menjadi ‘kurang’ menyenangkan. Bisa saja, dalam proses menuju destinasi, terjadi hal-hal kecil atau bahkan ketidaknyamanan besar yang diakibatkan oleh diri Anda sendiri, atau akibat kelalaian orang lain. Terdapat pula kemungkinan bagasi Anda hilang, kemungkinan penyakit yang menyerang Anda atau pasangan berlibur Anda, hingga hal mendadak yang menyebabkan Anda harus membatalkan rencana berlibur yang sudah dipesan terlebih dahulu. Untuk mengatasi kasus tersebut, Anda tentunya harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk mengurus atau membetulkan kondisinya. Melihat segala kemungkinan tersebut, menggunakan jasa asuransi perjalanan untuk memberikan leverage atas unforeseen costs ini tentu merupakan suatu hal yang bijak untuk dilakukan. Namun, dikarenakan terdapat begitu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan jasa sejenis, berikut IndonesiaReview akan rangkum jenis paling umum dari asuransi perjalanan yang tepat untuk Anda!

    Single Trip Policies
    Tipe pertama, yang juga merupakan jenis asuransi perjalanan yang paling marak digunakan adalah single trip travel insurance policy. Sesuai dengan namanya, kebijakan asuransi perjalanan yang ditawarkan jenis ini menjamin perjalanan Anda selama satu perjalanan (one single trip travel insurance). Ketika dihadapkan pada kemungkinan pembatalan perjalanan, liability, kecelakaan, kegagalan pesawat, curtailment, kehilangan bagasi, biaya-biaya medis, ataupun situasi lain; Anda tidak perlu lagi khawatir karena perusahaan ini akan menjamin biaya-biaya yang timbul atas peristiwa tidak terduga tersebut. Umumnya, kebijakan ini meng-cover penggunanya secara individual, namun terdapat juga beberapa penawaran yang ditujukan untuk pasangan, kelompok/perusahaan, keluarga, hingga keluarga dengan single-parent. Salah satu perusahaan yang menyediakan jenis asuransi ini adalah Mega Insurance.

    Annual Multi-Trip Policies
    Versi lain yang tidak kalah terkenal di kalangan masyarakat adalah jenis asuransi perjalanan berupa annual multi-trip travel insurance. Tipe ini menawarkan leverage yang meng-cover Anda selama satu periode kalender, selama satu tahun penuh. Tidak peduli seberapa banyak perjalanan yang Anda lakukan ataupun destinasi mana yang menjadi tujuan Anda; perusahaan asuransi ini akan tetap ‘melindungi’ Anda dari biaya-biaya tak terduga yang dapat muncul dalam proses perjalanannya. Anda dapat mengunjungi Axa Travel Insurance untuk referensi atas jasa asuransi tipe ini.

    Medical Travel Insurance
    Tidak jarang, perusahaan yang menyediakan jasa asuransi perjalanan enggan untuk menerima klien jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang memunculkan risiko khusus dalam perjalanan yang akan Anda lakukan. Untungnya, beberapa perusahaan menyediakan kebijakan khusus untuk orang-orang dengan kondisi tersebut; dengan memberikan ‘perlindungan’ bagi orang-orang yang menderita penyakit kanker, epilepsi, diabetes, dsb. Referensi perushaan yang menekankan fokusnya pada ‘perlindungan’ dan kebijakan mendukung untuk orang-orang dengan kendala medis anda bisa cari di IndonesiaReview.

    Extra Travel Covers
    Bisa jadi, Anda tidak sadar akan keberadaannya, namun terdapat beberapa aktivitas yang tidak di-cover oleh asuransi perjalanan biasa. Misalnya, ketika Anda pergi pelayaran, Anda tentunya membutuhkan asuransi khusus yang meng-cover hal-hal tidak terduga ketika berlayar. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda pergi berlibur untuk olahraga golf, backpacker, olahraga musim dingin, car hire excess insurance, asuransi atas device elektronik yang Anda bawa, dsb.

    Kami berharap, overview atas berbagai layanan jasa asuransi yang disediakan dapat memberikan Anda gambaran umum tentang ragam pilihan asuransi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda memiliki pengalaman berurusan dengan penyedia asuransi perjalanan yang memberikan pelayanan menyenangkan? Atau justru Anda memiliki pengalaman buruk dengan perusahaan terkait? Temukan perusahaan tersebut di kolom IndonesiaReview, bagikan pendapat, pengalaman, dan review Anda demi mendukung Perusahaan Asuransi di Indonesia yang lebih bertanggung jawab!

    Terkait