IndonesiaReview

    Review CROWDE Investment

    Pertanian merupakan salah satu sektor yang telah lama menjadi tulang punggung masyarakat Indonesia. Dengan keterlibatannya selama ini terhadap tingkat Pendapatan Nasional Bruto (PNB), sektor pertanian tentu tidak dapat dipandang sebelah mata, terlebih atas manfaat yang diperolehnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan dalam negeri. Dikaruniai tanah yang subur dan lahan gembur yang dapat ditanami segala macam tumbuhan, Indonesia sudah sepatutnya berfokus pada sektor pertanian, dengan turut meningkatkan kesejahteraan petani, memberikan segala yang dibutuhkannya, termasuk lahan, peralatan, pemberian edukasi terkait sistem, permintaan pasar, hingga proses pengemasan yang lebih baik sehingga nilai jual atas produk yang dihasilkan pun dapat meningkat. Meskipun begitu, hal ini tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih dengan kesulitan pembiayaan yang para petani peroleh saat ini; dimana sektor perbankan tentu tidak melihat mereka sebagai pihak yang dapat memberikan keuntungan, apalagi ketika para petani ini tidak memiliki jaminan. Melihat masalah tersebut, lantas hadir sebuah start-upyang berupaya mengatasi kesenjangan yang ada, dengan menghadirkan skema crowd-lendingyang berfokus pada sektor pertanian Indonesia. Lantas, bagaimana mekanisme dan cara kerjanya?

    Tentang CROWDE

    CROWDE merupakan lembaga yang berupaya mengembangkan sektor pertanian Indonesia dengan mencarikan investor untuk mengembangkan lahan, memberikan peralatan yang dibutuhkan, ataupun mendukung kegiatan yang dilakukan petani Indonesia. Lahir pada tahun 2015, platform ini berdiri atas dasar kebutuhan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia. Dengan tidak terjaminnya kesejahteraan petani Indonesia terbukti dengan banyaknya yang masih hidup di bawah garis kemiskinan, dua orang anak muda pendiri CROWDE lantas mengambil alih, berupaya menyelesaikan permasalahan yang ada, salah satunya dengan memperbaiki sistem pengelolaan hasil tani yang diupayakan untuk tak lagi melalui tengkulak sebelum dapat dijual di pasaran. Kesejahteraan petani yang tidak terjamin ini tentu merupakan hal miris yang terjadi terlebih melihat fakta bahwa sektor pertanian merupakan salah satu bidang yang turut membantu perekonomian Indonesia sejak dulu, dan diyakini bahkan hingga masa mendatang. Lebih akrab dikenal dengan metode pengelolaan crowd-lending, Yohanes Sugihtononugroho dan Muhammad Risyad Ganis selaku co-founder CROWDE menjelaskan bahwa hasil proyek petani yang dibiayai investor tersebut nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat (investor) dengan nilai permodalan yang menggunakan skema bagi hasil. Selain itu, platform ini didirikan tidak hanya untuk membantu petani menuju agropreneur, tetapi juga sebagai wadah yang memberikan edukasi pada masyarakat terkait sistem permodalan masa kini, dimana utang perbankan bukanlah jalan satu-satunya untuk memperoleh pembiayaan.

    Produk CROWDE

    Melalui situs-nya, CROWDE terus berupaya untuk menjadi platform permodalan yang membantu roda penggerak pertanian dengan mengutamakan semangat gotong royong dan keandalan yang terpercaya melalui skema dan produk yang ditawarkannya. Terkait dengan cara platform ini menggalangkan dana, sesuai dengan karakteristiknya yang merupakan platform permodalan dengan sistem crowd-lending, hal ini memiliki arti bahwa skema yang digunakan memungkinkan siapapun untuk memberikan modal dan memilih proyek mana yang ingin didukung pembiayaannya. Setelah proses pembiayaan (investasi) sudah dilakukan, lantas tiba saatnya ketika hasil dari lahan yang dibiayai memberikan hasil. Dalam hal pembagian keuntungan antara petani dengan investor, CROWDE menggunakan skema Bagi Hasil, dimana terdapat pembagian risiko serta keuntungan sesuai dengan proporsi yang diajukan di awal (syariah). Dengan kata lain, baik untung ataupun rugi, hal tersebut akan dibagikan secara proporsional diantara petani yang dibiayai dengan pihak investor.

    Keluhan, Pujian, ataupun Saran untuk CROWDE

    Apakah Anda pernah berinvestasi melalui platform CROWDE? Apakah Anda puas dengan kualitas dan fitur yang disediakannya? Dengan pengalaman yang Anda miliki, apakah Anda tertarik untuk kembali berinvestasi pada platform yang sama? Sebarkan pengalaman, review, ataupun keluhan yang Anda miliki setelah menjadi investor dalam platform CROWDE dan bantu ciptakan skema crowd-lending yang lebih baik dan transparan termasuk dalam hal pengembangan sektor pertanian di Indonesia saat ini!

    CROWDE Investment
    Review, keluhan, dan pengalaman pelanggan (2)

    2
    0% Akan membeli di sini lagi!

    Pemesanan

    2

    Layanan

    2

    Harga

    2

    Pengiriman

    2

    Semua review

    baca independen review, pengalam pelanggan, masukan dan keluhan disini! Kenali toko terbaik tempat memesan (online) Anda. Semua orang sekarang memutuskan toko mana yang layak dan mana yang tidak!

    Don't you dare to invest here

    Dana macet di bbrp proyeknya tidak pernah mendapat tanggapan berarti, Laporan proyek tidak jelas bahkan tidak ada sama sekali. Komplain ditanggapi tetapi janji yang diberikan tetap tidak ditepati.
    Sangat tidak menyarankan menanamkan uang anda di sini.

    Oleh: Try16-06-2019
    Pemesanan
    Layanan
    Harga
    Pengiriman
    Akan membeli di sini lagi
    TIDAK
    2

    Bad Investment

    sudah minus 265 hari, tanpa ada penjelasan dan kapan uang akan cair, jawaban dari CSnya template yang tidak jawaban secara personal. Lebih baik di investasikan ke beda tempat saja uangnya.

    Oleh: arfiyah14-05-2019
    Adhiana07-06-2019

    ane juga sama gan gk ada kepastian

    Herowan16-06-2019

    Wah, sama... Sudah 2 proyek ga ada kepastian... setiap ditanya jawaban tidak menjawab pertanyaan.

    Pemesanan
    Layanan
    Harga
    Pengiriman
    Akan membeli di sini lagi
    TIDAK
    2

    Tulis review Anda sendiri tentang CROWDE Investment

    Review dari anda