Jenis Ulasan

Di IndonesiaReview.co.id ada beberapa metode yang dapat digunakan konsumen untuk meninggalkan ulasan. Yang paling sering adalah melalui cara organik atau melalui undangan. Semua orang dapat meninggalkan ulasan, bahkan jika Anda tidak memiliki akun pengguna. Ini adalah dua jenis ulasan yang kami miliki di platform ulasan kami.

Ulasan organik dari konsumen

Sebagian besar ulasan kami datang dari konsumen. Ini adalah pengguna yang telah membeli produk atau layanan dari sebuah perusahaan dan ingin meninggalkan pendapat mereka. Ini selalu pengguna yang mendaftar ke platform kami dan meninggalkan ulasan tanpa dipicu oleh sumber eksternal.

Ulasan ini secara spontan ditulis oleh konsumen yang telah membeli produk atau layanan. Mereka memutuskan sendiri untuk berbagi pengalaman mereka di platform tanpa ada intervensi dari bisnis. Mereka berharga bagi pengguna karena:

 

  • Sukarela: Keputusan untuk meninggalkan ulasan sepenuhnya terserah kepada konsumen.
  • Pengalaman Unik: Tidak ada dorongan eksternal atau insentif dari perusahaan untuk mempengaruhi konsumen menulis ulasan.
  • Keaslian: Biasanya, ulasan ini dirasakan sangat otentik karena muncul dari motivasi asli konsumen untuk berbagi pengalaman mereka, baik positif maupun negatif.

Ulasan melalui undangan perusahaan

Perusahaan di IndonesiaReview.co.id diizinkan untuk mengirimkan undangan kepada pelanggan mereka untuk meninggalkan ulasan. Pengguna ini diundang oleh perusahaan untuk meninggalkan ulasan di platform kami. Ini juga diizinkan, selama ulasan adalah adil dan objektif.

Dalam skenario ini, perusahaan secara aktif mendorong pelanggan mereka untuk meninggalkan ulasan dengan mengirimkan mereka undangan. Dorongan ini adalah inisiatif langsung dari perusahaan untuk mendapatkan umpan balik tentang produk atau layanan mereka. Mereka didefinisikan oleh nilai-nilai berikut:

  • Diminta: Perusahaan mengirimkan undangan yang meminta pelanggan untuk mengulas pengalaman mereka.
  • Dikontrol: Sementara perusahaan dapat mengingatkan pelanggan untuk meninggalkan ulasan, mereka harus memastikan proses tetap tidak bias dan tidak mempengaruhi isi ulasan.
  • Kejujuran dan Objektivitas: Sangat penting untuk ulasan yang diminta ini tetap seimpar mungkin. Perusahaan tidak boleh mempengaruhi sifat dari ulasan, memastikan bahwa pelanggan merasa bebas untuk memberikan umpan balik jujur.