Apa yang terjadi jika seseorang melaporkan pendapat saya?

Sangat umum di kalangan komunitas bahwa cepat atau lambat Anda akan menerima notifikasi di email bahwa seseorang telah melaporkan Anda. Jangan panik! Ini bisa jadi hanya kesalahan manusia yang dapat diselesaikan dalam beberapa menit.

Meskipun sebagian besar ulasan yang dihapus di platform kami disebabkan oleh konten otomatis, berbahaya, dan menyebar yang kami hapus secara otomatis saat terdeteksi, kami juga memberi pengguna kami kekuatan untuk melaporkan dan menanggapi keluhan mereka sendiri guna membela ulasan dan pendapat mereka tentang toko atau bisnis.

Mengapa ulasan Anda dilaporkan?

Indonesia bangga dengan transparansi dan kejujuran pendapat penggunanya. Oleh karena itu, semua pengguna memiliki kemampuan untuk menilai, baik memberikan suara positif atau negatif pada komentar yang dipublikasikan, serta merespons dan membuat debat pada halaman perusahaan. Selain itu, mereka juga bisa melaporkan publikasi yang dianggap melanggar kebijakan konten kami yang bertanggung jawab.

Tim kami akan selalu mengevaluasi semua keluhan yang diajukan antarpengguna, dengan beberapa kasus yang lebih jelas daripada yang lain dalam menerima atau menolak permintaan. Dalam banyak kasus, laporan muncul karena Anda mungkin menggunakan kata-kata kasar, ekspresi yang tidak pantas, atau komentar yang terlalu keras terhadap perusahaan terkait. Dalam situasi ini, Anda perlu mengedit dan memperbaiki ulasan Anda agar dapat disetujui kembali.

Dalam kasus lain yang melibatkan pelanggaran serius terhadap kebijakan kami, misalnya:

  • Konten SPAM kepada pihak lain

  • Konten AI yang tidak terverifikasi

  • Kecurigaan mencoba mempengaruhi audiens untuk mengonsumsi atau tidak mengonsumsi barang dan jasa dari perusahaan yang terdaftar di Indonesia

Kasus-kasus tersebut di atas dapat mengakibatkan penangguhan permanen akun serta penghapusan semua ulasan yang telah diposkan melalui akun itu.

Apa yang harus dilakukan jika ulasan saya dilaporkan?

Jika salah satu ulasan Anda dilaporkan, Anda akan menerima email yang menginformasikan alasan pelaporan dan tindakan yang harus diambil. Di Indonesia, kami selalu mempercayai kesalahan manusia dan memberikan kesempatan kedua, oleh karena itu kami memberikan pengguna kesempatan untuk mengajukan banding atas keputusan kami jika merasa tidak adil atau kurang kesempatan untuk memberikan konteks dari pihak mereka.

Oleh karena itu, setiap kali pengguna dilaporkan, tiga kesimpulan bisa terjadi:

  1. Mengabaikan keluhan - Jika tidak ada argumen meyakinkan untuk menghapus ulasan yang ditulis.

  2. Menghubungi kedua belah pihak atau melakukan investigasi sendiri - Jika solusi kurang jelas, kami akan meminta informasi tambahan untuk mengakreditasi dan memverifikasi ulasan tersebut.

  3. Menghapus ulasan yang dilaporkan - Jika ditemukan alasan jelas dan kuat untuk melakukannya.

FAQ

Siapa yang bisa melaporkan ulasan saya?

Baik pengguna Indonesia maupun pemilik perusahaan tempat Anda memublikasikan ulasan dapat memutuskan untuk melaporkan komentar Anda. Selalu perhatikan bahasa yang digunakan, terutama jika menulis pengalaman negatif terhadap perusahaan.

Apakah proses resolusi berbeda jika pengguna atau perusahaan yang melaporkan saya?

Tidak, di Indonesia kami memperlakukan semua laporan secara setara tanpa memandang dari mana asalnya. Kami juga tidak akan memberikan prioritas lebih pada keluhan dari perusahaan; kami berkomitmen pada kondisi yang setara antara pengguna dan perwakilan perusahaan yang terkait.

Apa yang terjadi jika seseorang menyalahgunakan fungsi pelaporan?

Jika seorang pengguna melaporkan beberapa akun dan laporan mereka ditolak, jika terdeteksi korelasi atau upaya pencemaran nama baik, sanksi yang sesuai akan dikenakan, hingga dan termasuk penangguhan akun.